Biaya Kambing Boer dan Manfaat Kambing Pedaging Ini - Bondowoso Jawa Timur

Kambing Boer merupakan kambing pedaging yang sangat digemari oleh para peternak di Indonesia. Namun Kambing Boer ini bukan berasal dari Indonesia, melainkan berasal dari Afrika Selatan. Nama Boer berasal dari bahasa Belanda yang berarti petani. Ini karena peternak Belanda awalnya memelihara kambing Boer di Afrika Selatan. Kambing ini sangat populer dan dikenal dengan karakternya yang ramah dan lucu. Sosoknya hampir seperti binatang buas yang siap dibawa ke medan perang. Ukuran dan kekuatan tubuhnya membuatnya seperti kambing raksasa. Mereka sangat lembut dan aman di dekat anak-anak, dan sangat mudah dirawat. Daya tahan tubuh yang kuat membuat kambing ini sangat tahan jatuh sakit. Kambing Boer mampu bertahan pada suhu yang sangat dingin. Ini termasuk suhu kurang dari -24 derajat Celcius, serta suhu ekstrim melebihi 42 derajat, sehingga cocok untuk pertanian di semua wilayah.

 

Anda akan sangat mudah mengenalinya sebagai Kambing Boer karena ciri khasnya yang khas. Dimulai dengan bentuk tubuh yang masif, yang lebar dan panjang yang semuanya ditutupi kulit dan bulu berwarna putih. Kambing ini memiliki ciri khas kepala yang identik dengan rona coklat kemerahan, telinga menggantung dengan tanduk panjang, dan hidung yang memanjang. Kambing Boer ini memiliki kaki pendek yang besar. Bulu coklat serta kulit di bagian atas kepala berfungsi untuk melindungi dari teriknya sinar matahari yang dapat menyebabkan kanker kulit karena salah satu ciri kambing Boer adalah keinginan untuk bermain dan berjemur di padang rumput terbuka. Kambing Boer adalah jenis yang bagus. Kambing Boer adalah salah satu kambing yang tahan terhadap segala jenis lingkungan, dan unggul dalam beradaptasi dengan kondisi yang berbeda seperti lereng gunung berbatu dan padang rumput. Makanan kesukaan Kambing Boer adalah daun-daunan.

 

Kambing Boer jantan memiliki tubuh fisik yang tangguh dan kekar, mulai dari pundak hingga punggung yang dijejali otot dan daging. Menjadi induk yang unggul, kambing Boer jantan itu bisa mengawini 30 hingga 40 betina dan bisa kawin setiap bulan. Laki-laki mulai kawin sekitar usia 7-8 bulan. Sirkulasi garis keturunan mereka sangat cepat. Sedangkan Kambing Boer Betina di bagian kepala dan leher terlihat lebih ramping. Orang tua wanita tercantik dapat menjalin hubungan pada usia 10-12 bulan, berdasarkan berat badan mereka. Masa kehamilan adalah 5 bulan. Dalam dua tahun, betina mampu melahirkan hingga tiga kali. Dalam perjalanan hidupnya diperkirakan bisa melahirkan anak sebanyak 6 sampai 12 kali karena masa produktifnya yang mungkin selama 5 sampai 8 tahun.

 

Harga kambing boer bisa dibilang cukup mahal. Harga satu ekor kambing boer dewasa bisa mencapai Rp. 9 juta sampai dengan Rp. 12 juta dalam rentang usia 1 tahun sampai 2 tahun. Ini adalah peluang besar bagi Anda yang ingin memulai bisnis peternakan kambing. Kambing Boer ini sangat ramai dibeli karena jumlah daging yang dimilikinya lebih banyak dari kambing lainnya. raja negeri itu. Daging adalah nama yang harus Anda berikan untuk kambing Boer. Harga sesuai dengan kualitas jenis kambing pedaging.

 

Musim kurban adalah saat Kambing Boer seri F diminati oleh beberapa organisasi untuk berqurban karena daging yang mereka konsumsi sangat tinggi. Kambing Boer ini merupakan salah satu kambing terbaik untuk di qurbani. Pada musim Qurban harga kambing Boer F2 jantan mencapai Rp. 12.000.000 per ekor, harga yang sangat mahal untuk kambing pedaging pada umumnya. Daging yang dihasilkan kambing bisa mencapai 40-50 persen dari bobot tubuhnya.

 

Selain itu, tujuan utama dari peternakan Kambing Boer ini adalah untuk produksi daging guna memenuhi kebutuhan pasar akan daging. Permintaan kambing Boer di pasar selalu ada karena kualitas dan kuantitas dagingnya disukai konsumen. Sangat direkomendasikan bagi orang yang ingin mendirikan usaha peternakan kambing yang fokus pada produksi daging sapi untuk memilih Kambing Boer untuk dikembangbiakkan. Hasil ini menghasilkan putaran cepat dan nilai jual untung tinggi.

 

Kambing Boer memiliki postur tubuh yang sangat khas yaitu memanjang. Peternak mana yang tidak ingin terlibat dalam bisnis peternakan kambing boer? Terutama dalam perawatan dan pembagian asupan pakan yang ditambah akan mempercepat proses penggemukan kambing Boer. Membiakkan kambing Boer relatif sederhana karena Anda hanya perlu memastikan jumlah pakan yang tepat digunakan dan memastikan kesehatan lingkungan. Perkembangan kambing Boer tergolong cepat karena baru berumur sekitar lima sampai enam bulan. Ini meningkat menjadi 35 hingga 45 kilogram.

 

Kambing Cross Boer

 

Kambing Boer silang merupakan hasil perkawinan silang antara kambing Boer dengan kambing lokal yaitu kambing Jawarandu, PE, dan kambing kacang. Proses perkawinan silang antara kambing Boer dengan kambing lokal ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas ternak kambing dan meningkatkan jumlah daging yang dihasilkan. Berat badan merupakan faktor vital dalam menentukan nilai finansial usaha peternakan sehingga peternak dapat berproduksi Perhitungkan jumlah produksi daging dan nilai penjualan untuk menghitung pendapatan yang diperoleh. Ada banyak varietas kambing yang dihasilkan dari persilangan kambing persilangan, yang meliputi

 

1. Kambing Boerja merupakan hasil perkawinan silang antara kambing Boer jantan dengan kambing Jawa betina.

2. Kambing Boerawa, hasil perkawinan silang dengan kambing Boer jantan dan kambing Etawa betina.

 

Kambing Boer yang dihasilkan memiliki berat hingga 80 kilogram, dan kambing Jawa dapat memiliki berat hingga 25 kg, kambing Boerja serta Boerawa memiliki berat antara 35 dan 45 kg. Praktik kawin silang dilakukan di beberapa lokasi, antara lain Bojonegoro, Blitar, Malang, dan treggalek. Ini terkait langsung dengan bantuan pemerintah daerah di mana gubernur berperan penting dalam mendorong program ini untuk membantu masyarakat dalam membangun peternakan kambing di Indonesia. Salah satu peternak tradisional asal Jawa Timur mengaku mendapat pesanan dari rumah makan, dan pernah menjual 300 ekor kambing Boerwa ke wilayah Sulawesi. dan Nusa Tenggara Timur. Salah satunya adalah peternakan yang fokus pada peternakan kambing Boerja dan Boerwa. Lahan pertanian berada di Karangpoloso, Malang, Jawa Timur.

 

Selain itu pada tahun 2005 tahun 2005 di Ciawi lebih tepatnya di Ciawi tepatnya di Balai Peternakan Ciawi telah dilakukan penelitian persilangan kambing Boer jantan dengan kambing betina lokal. Peningkatan produktivitas kambing lokal melalui perbaikan kualitas genetik melalui persilangan antar jantan unggul seperti kambing Boer akan memberikan banyak peluang. Penelitian ini menemukan adanya peningkatan bobot lahir sekitar 15,6% dibandingkan kambing PE. Selain itu, persilangan kedua jenis kambing tersebut dilakukan oleh sekelompok peneliti yang tergabung dalam Loka Penelitian Kambing Kambing, di Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian. Banyak penelitian yang telah dilakukan untuk mendapatkan hasil yang sangat menguntungkan bagi budidaya kambing Boer di Indonesia maka beberapa manfaat dari persilangan kambing Boer atau yang biasa disebut dengan kambing persilangan boer adalah sebagai berikut :

 

1. Kambing Cross Boer memiliki pertumbuhan yang sangat cepat, berat lahir rata-rata bervariasi antara 2,2 hingga 2,8 kg per ekor, ketika mencapai 6 bulan dapat mengalami pertumbuhan bobot 16 hingga 20 kg per ekor. Sebaliknya, bobot satu ekor kambing Boer jantan persilangan pada usia 12-18 bulan bisa mencapai 26-36kg per ekor.

 

2. Daya reproduksi kambing Boerka tinggi, kambing Cross Boer mampu melahirkan anak tiga kali dalam dua tahun. Ini dengan satu atau dua anak di setiap kelahiran per induk. Kambing persilangan mampu menyesuaikan diri dengan kondisi tropis yang kering di daerah dataran rendah.

 

Keunggulan kambing cross boer menawarkan kemungkinan untuk diciptakan oleh peternak komersial dan tradisional. Hal ini dapat menambah pengetahuan dan membantu masyarakat setempat dalam budidaya kambing cross boer sehingga seluruh masyarakat dapat meningkatkan produktivitasnya. Peternak juga akan dapat mengidentifikasi harga jual kambing Cross Boer di pasaran baik internasional maupun nasional. harga jual rata-rata kambing cross boer yang dijual di pasaran adalah Rp 80.000 per kilogram.

 

Budidaya Kambing Boer

 

1. Kandang dan tanah

Lokasi dan kondisi lahan sangat mudah karena kambing Boer dapat beradaptasi dengan segala kondisi, tetapi dapat disesuaikan dengan kebutuhan apa pun. Lahan dan kandang tidak boleh diletakkan di tempat yang sulit terkena sinar matahari, jauh dari pemukiman dan tidak tergenang jika curah hujan terlalu tinggi. Kandang yang dikoleksi dianjurkan untuk menjaga kesehatan dan memudahkan mencuci kotoran kambing.

 

2. Biji

Saat memilih bibit dan indukan untuk dijadikan sebagai penghasil atau penerus anak kambing kelak. Spesifikasi yang paling diinginkan adalah kambing yang sehat dan memiliki tubuh yang ideal dan kuat. Waktu terbaik untuk menjadi bapak adalah 6 bulan ke atas.

 

3. Beri makan

Dalam proses pemberian pakan, kambing Boer seperti kambing lainnya lebih menyukai daun yang berwarna hijau, seperti daun nangka. Porsi makanan yang dikonsumsi bisa berkisar antara 10 persen hingga 15 persen hingga 15 persen dari berat keseluruhan. Selain itu, sumber pakan tambahan untuk memberikan nutrisi guna mendorong pertumbuhan kambing, bisa diolah oleh pabrik atau ditangani sendiri, dan dengan persentase protein 16%. Selain itu, kambing Boer dapat minum 1,5 hingga 2,5 2 liter air per hari dan untuk kesehatan yang baik, air ini harus diganti setiap hari.

 

4. Pemuliaan dan Perawatan

Proses pengobatannya pun tidak terlalu sulit karena domba boer memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat dan merupakan spesies yang langka. menderita penyakit. Namun, kesehatan harus diperhatikan saat memproduksi kambing berkualitas. Selalu semprot disinfektan setiap masuk kandang. Selanjutnya, masa pembibitan harus dikontrol untuk hasil terbaik. Jika dicampur atau dibiarkan Jantan dengan sifat unggul tidak boleh kawin dengan betina unggul, agar anaknya tidak mendapatkan hasil yang diinginkan.

 

Ini adalah itulah beberapa manfaat kambing boer. Mereka juga memiliki harga jual saat ini yang dapat digunakan sebagai referensi bagi peternak pemula yang ingin memulai menjalankan bisnis terkait hewan. Jika mereka dirawat dengan baik, mereka bisa mendapatkan keuntungan besar. Semoga bermanfaat!

Comments

Popular posts from this blog

Inovasi untuk Keamanan dan Efisiensi Konstruksi

Plakat Akrilik Bandung

Model Desain Rumah Unik Keren